Dasar Pencahayaan Dalam Pembuatan Film

hey gan di postingan ini gue bakal nerangin kalian sebuah penerangan  haha bahasa gue ribet ya? ya intinya dalam pembuatan film shoting itu adalah melukis dengan cahaya. cahaya? berati kalau ga ada cahaya bagaimana? yes betul film kalian gelap! ya mati lampu! ya mati listrik! ya yayaya!. berarti unsur cahaya sangat penting dalam pembuatan film gengs.


gini gan. secara sederhananya sumber pencahayaan itu ada dua jenis, yaitu :

1. Original Light (pencahayaan alami)
    - Matahari
    - Bulan

2. Artificial Light (pencahayaan buatan)
jadi cahaya merupakan gelombang elektromagnetis yang diterima oleh indera penglihat yaitu apa? 100 jawabanya adalah mata! lalu kemudian diteruskan ke otak yang akan merespon, menanggapi rangsangan cahaya tersebut. sederhananya, tanpa cahaya maka benda tidak akan terlihat guys. atas dasar itulah pembuatan film memerlukan cahaya agar subyek dapat terlihat ya gengs!

Tujuan Penataan Cahaya
1. Mendapatkan atmosfir yang diinginkan dalam menunjukan kesan
2. Mendapatkan hasil gambar yang sesuai dengan naskah rencana produksi
3. mempengaruhi emosi penonton (bikin baper)
4. mendapatkan gambar yang sesuai warna aslinya.

Unsur Pencahayaan
- Unsur Teknik
- Unsur Seni
- Unsur Filosofi

menyinari objek berarti memberikan cahaya agar objek atau subjek bisa terlihat jelas sesuai konsep film itu sendiri. tidak semua bayangan itu diperlukan dan tidak semua bayangan tidak diperlukan, ribet ya bahasanya -_-. dengan pencahayaan tertentu bayangan bisa dihilangkan, dikurangi, atau juga dapat ditambah gengs. Perlu atau tidaknya bayangan lagi dan lagi sangat tergantung dari konsep shoting itu sendiri guys.

jadi cukup sekian informasi yang gue tuangkan disini kurang lebihnya gue minta maaf jikalau ada tutur kalimat serta bahasa yang tidak menyenangkan mohon di maafkan.

DUNIA KU FILM KU !

No comments:

Post a Comment

Yang Baru dari Sony? Full Frame dengan Body Compact Sony A7C

Sony A7C menjawab pertanyaan yang membara. Bagaimana jika kamu dapat memiliki sensor full frame dari kamera mirrorless Sony A7 tetapi dalam ...