Cara Membuat Naskah Film Simple dan Mudah dipahami Untuk Pemula

Assalamualaikum wr.wb sahabat ku yang ketampanan serta kecantikan tiada tara , bagaimana kabarnya? sehat? mudah mudahan yang sehat selalu diberikan kesehatan dan yang kurang sehat semoga bisa sehat kembali ya Allah amiin ya rabbalalamin.
guys guys kali ini gue bakal ngasih tau dan memberikan contoh tentang Naskah Film dan menjelaskan beberapa konten dari naskah tersebut nih. ada yang kepo? gue harap kalian kepo sekepo keponya orang yang lagi kepo.

Jadi jon Naskah Film adalah cetak biru yang di tulis untuk film yang berisi tentang beberapa adegan dan dialog. naskah itu sendiri adalah lanjutan dari treatment yang sudah di perluas alur ceritanya jon.
nah kali ini gua bakal tulis beberapa adegan beserta dialognya sebagai contoh untuk membuat naskah bung.


01. EXT . HALAMAN RUMAH  . MORNING

Bambang adalah salah satu murid Sekolah Menengah Atas (SMA) yang hendak berangkat ke sekolah. ketika Bambang keluar rumah kebetulan Samsuri teman sekelas Bambang lewat di hadapanya dengan menaiki sepeda motor, Bambang mencoba memanggil Samsuri untuk menebeng sampai sekolah.

BAMBANG
(Berteriak Memanggil)
"woey Sam! mau kemana lo?"

SAMSURI
"Gue mau ke Panti Jompo"

BAMBANG
"Ko pake seragam"

SAMSURI
"ya kalo gue pake seragam mau kemana lagi?"

BAMBANG
"yee becanda aje lo, gue nebeng dong"

SAMSURI
"udeh cebok belom? nanti jok motor gue lengket lagi"

BAMBANG
"gue pagi ini ga berak"

SAMSURI
"Haha yaudah buru udah hampir telat nih"

Dikarenakan waktu yang mempet jam masuk kelas Bambang pun bergegas menghampiri Samsuri untuk menbeng sampai depan kelas.


nah bapak bapak dan ibu ibu di atas itu adalah contoh adegan pertama dan gue bakal ngejelasin ada beberapa simbol di atas sebelum adegan itu ditulis

- 01. maksudnya adalah nomor dari adegan tersebut dan kelanjutanya adalah 02, 03, 04 dan seterusnya
- EXT atau INT. maksudnya EXT itu External dan INT itu Internal pasti tau kan bedanya? kalau EXT di luar ruangan dan INT di dalam ruangan.
- HALAMAN RUMAH. bertujuan untuk menunjukan sebuah lokasi dimana adegan tersebut di lakukan jon. terserah mau halaman rumah, kolam berenang, di bawah karpet kek, yang penting nyambung sama cerita lo
- MORNING. bertujuan untuk menandakan kapan waktu adegan tersebut dilakukanya bro.

nah setelah itu baru deh adegan ceritanya dilanjutkan dibawahnya dengan dialog si pemeran bung. biasakan untuk menunjukan ekspresi itu menggunakan tanda kurung () di atas dialog agar pembaca naskah dapat memahami intonasi yang diinginkan si sutradara tjooy.

itu aja penjelesan singkat tentang cara membuat naskah film saudara saudara ku semoga kurang lebihnya bermanfaat. 


cukup sekian informasi yang gue tuangkan disini kurang lebihnya gue minta maaf jikalau ada tutur kalimat serta bahasa yang tidak menyenangkan mohon di maafkan.

DUNIA KU FILM KU !

No comments:

Post a Comment

Yang Baru dari Sony? Full Frame dengan Body Compact Sony A7C

Sony A7C menjawab pertanyaan yang membara. Bagaimana jika kamu dapat memiliki sensor full frame dari kamera mirrorless Sony A7 tetapi dalam ...